Tak terasa bahwa bulan suci Ramadhan telah meninggalkan kita. kembali kita harus menunggu selama sebelas bulan untuk dapat kembali bertemu dengannya. Itupun jika Allah menghendaki umur kita sampai kepadanya. Banyak kenangan yang sudah kita jalani selama 29 hari bersama bulan suci Ramadhan. Besar harapan, Allah menerima semua amalan kita dan bulan suci Ramadhan bisa pergi meninggalkan kita dengan rasa gembira karena kita telah menyambutnya dengan baik selama 29 hari tersebut.

Ya Allah. Kami mohon terimalah amalan ibadah kami selama bulan suci Ramadhan ini. Sungguh kami tidak ingin menjadi hamba yang rugi karena melewati bulan suci Ramadhan tanpa membawa amal ibadah apapun yang Kau terima. Jika memang ibadah kami di bulan suci Ramadhan tahun ini masih belum baik, maka pertemukanlah kami kembali dengan bulan suci Ramadhan di tahun depan. Jika memang ibadah kami sudah cukup baik, maka bimbinglah kami agar senantiasa istiqomah dan menjadi lebih baik lagi dalam beribadah kepadaMu.

Kawan. Bulan suci Ramadhan adalah bulan pendidikan bagi kita untuk dapat menghadapi sebelas bulan tanpa bulan suci Ramadhan. Kita sudah tahu betapa mudahnya kita menghapus dosa di bulan suci Ramadhan. Allah obral semua ampunan kepada seluruh hamba-Nya yang ingin kembali. Ibarat mendapat tendangan pinalti tanpa kiper, masih nggak masuk mah kebangetan banget. Sedangkan di luar bulan suci Ramadhan, sangat sulit bagi kita untuk mendapatkan ampunan yang begitu banyak layaknya di bulan suci Ramadhan. Maka tugas kita adalah menjaga apa-apa saja yang telah kita lakukan selama bulan suci Ramadhan agar ketika kita meninggal sebelum dipertemukan kembali dengannya, kita sudah siap dengan bekal ibadah kita. Aamiin.

IMG-20180614-WA0025

GKM KAMMI Madani, 1 Syawal 1439